[Ende, Nusa Tenggara Timur] Sejarah di Taman Renungan Bung Karno

Desember 21, 2019

Taman Renungan Bung Karno, Ende, Nusa Tenggara Timur
Berlanjut cerita saya di Ende, Nusa Tenggara Timur yang sangat berkesan dan tentunya ini masih melanjutkan cerita dari blog post sebelumnya yaitu dalam rangka survei lokasi untuk persiapan kunjungan Menteri Kominfo ke sebuah Sekolah Dasar terpencil di kota ini yang terlibat sebagai salah satu sponsor pengadaan internet ke pelosok negeri dari PT Skyreach tempat saya bekerja waktu itu bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Saya merasakan suasana yang berbeda ketika pesawat kecil yang transit di Kupang membawa saya kesini untuk pertama kalinya ke kota ini dan kesan pertama saya untuk kota mungil di Nusa Tenggara Timur ini adalah panas, juga kental sekali dengan adat flores, lalu sangat mudah sekali kota ini untuk di eksplor sepertinya karena kota Ende teilhat mungil dari atas udara dan jalan disini juga sangat amat mudah sekali. LOL!

Langsung di hari pertama saya mendarat di Kota Ende ini, saya tidak ingin membuang waktu lagi untuk segera survei dan mengeksplor kota unik ini dan tentunya merasakan suasana dan kondisi diluar, first stop is "Taman Renungan Ir. Soekarno (Presiden pertama RI) yang menurut sejarah beliau pernah di asingkan disini untuk menghindari konflik dan campur tangan asing pada eranya kala itu.


Sempat melewati rumah yang pernah mengasingkan Bapak Soekarno ini dan rumahnya sangat amat sederhana dengan arsitektur yang sangat sederhana. Soekarno lalu sempat merenung disebuah Taman di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur ini, di taman inilah sejarah menyebutkan bahwa Soekarno merenungkan 5 Butir Pancasila yang sampai sekarang dijunjung tinggi akan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, yang menjadi pondasi (nilai dasar) Bangsa Indonesia hingga saat ini.




Sesampai di Taman Renungan Soekarno, saya mendapatkan suasana yang sedikit berbeda dan agak gimana ya sulit untuk dijelaskan deh, intinya seperti langsung tenang dan agak sakral dengan hembusan angin-angin kecil di sekitar taman tersebut. Dan setelah mengambil beberapa adegan untuk kebutuhan shooting dan juga kami eksplor sekitar Taman Renungan Soekarno ini Saya dan team pun segera bergegas untuk kembali ke Hotel dan pada akhirnya sebelum kaki ini siap melangkah ke menuju area parkir mobil angin kencang pun tiba-tiba saja datang bersamaan hujan lebat dan saya pun berlari kencang menuju mobil untuk segera kembali menuju hotel karena kondisi angin yang sangat amat kencang waktu itu dan pepohonan terlihat goyang dahan ringan pun mulai berjatuhan ke tanah. Scariest situation!!


Oh iya lupa menceritakan masalah situasi disekitar Taman Renungan Soekarno ini ya ada patung Soekarno yang senang duduk dengan raut wajah yang terlihat sangat serius untuk merenungkan dasar-dasar Pancasila, kemudian disekitar taman tumbuh beberapa pohon besar yang rindang dan tampaknya sudah sangat tua, kemudian di sisi lain ada lapangan yang biasa digunakan warga untuk upacara bendera/ adat apabila ada peringatan hari besar Republik Indonesia.

Mungkin cukup sekian cerita saya kali ini tenting kunjungan singkat di Taman Renungan Soekarno ini, sangat amat berkesan dan memiliki makna membuat saya semakin yakin bahwa Indonesia adalah negara yang kaya raya akan sejarah dan hal-hal lainnya yang tidak semua orang Indonesia menyadarinya. Salam hangat saya dan warga Flores disana yang manis-manis. 🙂


See you soon in the next article's Guys! Catch me here at ariepratama.id. ❤️

You Might Also Like

0 Komentar

Silahkan Komentar untuk Memberikan Kritik & Saran yang Bermanfaat! :)

Blog Traffic