Skripsi? Santai Aja Kali

Februari 04, 2014

Mau Skripsimu Lancar? Ya Kerjain Lah! - Sumber
Maaf, mudah-mudahan artikel ini ga membuat kalian semua trauma ya ngeliat kata kramat yang satu itu "Skripsi", maaf banget bukan maksud mengingatkan kewajiban kita sebagai Mahasiswa/i tapi memang itu syarat kita untuk lulus.

Rasa #Mager dalam diri setiap orang itu pasti ada, karena memang manusia ga jauh akan rasa malas dan puyeng, atau apa lah istilahnya. Malas itu ditimbulkan dari suatu imbuhan Ma dan Las, sehingga terjadilah kata Malas, ngerti kan?

Tentu Allah Swt memang seadil-adilnya zat, Maha adil itulah kiranya. Coba aja lihat di muka bumi ini pasti ada pintar >< bodoh, cantik >< kurang cantik (biar ga terlalu kasar), miskin >< kaya, nah ada juga rajin lawannya ya malas, bedanya kalau rajin itu pangkal kaya dan kalau malas pangkal? Udah gede kan? pasti tau dong jawabannya, kalau ga tau tanya sama anak TK, adek gue tuh!

Tentunya semua sifat-sifat itu terutama yang buruk pastinya bisa kita rubah menjadi sifat baik didalam diri kita, dengan apa caranya? ya dengan usaha dan juga berdoa juga, memang sih skripsi itu susah, gue juga mengakui kekuatan skripsi, entah jurus apa yang ampuh untuk melawannya hanya dengan waktu yang singkat saja. Nah saya punya beberapa tips nih biar ga #Mager ngerjain skripsi. Jangan dicoba oke! Tapi sebelum itu ada juga doa untuk menghilangkan rasa malas, berikut ini:


Doa yang di ajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam agar terhindar dari sifat malas :
Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa membaca do’a ini :
اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

“Allahumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a’udzu bika min ‘adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat.

Artinya :
(Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian).”
[HR. Bukhari no. 6367 dan Muslim no. 2706]

1# Buang Rasa Malas dengan Hobby Favorit

Nah cara ini yang sering saya lakukan untuk membuat mood kembali lagi untuk berpikir-pikir cemerlang, karena menurut penilitian manusia itu hanya bisa serius untuk belajar sekitar 1 jam pertama aja sisanya ga tau dah masuk apa engga. Nah otomatis harus kita recharge dong dengan apa? Ya dengan hobby positif kita, kalau saya sih renang.

Pasti masing-masing orang punya hobi yang beda dong ya, terus terng saya pun sedang menjalankan skripsi, namun saya tetap santai dan enjoy aja tuh, ga terlalu dipikir rumit-rumit sampe bikin status ke semua account DunMay, dan pada akhirnya mereka membuat siapa saja orang yang melihat status itu bikin pusing dan menimbulkan efek trauma ke semua orang bahwa momok skripsi itu jadi menakutkan, mungkin itu awal ceritanya. Bisa jadi!

Cobalah nonton film layar lebar yang lagi ngetrend, tapi jangan nonton film yang terlalu banyak membuat penontonnya berfikir karena itu akan membuat loe semua jadi banyak pikiran lagi, mening nonton yang action-action seru, comedy, horror boleh kalau yang suka. Terserah lah apa aja yang penting bikin seneng hati.

2# Cari MoodBoster yang Tepat!

Seseorang itu perlu yang namanya MoodBoster alias suatu hal yang dapat membangkitkan mood mereka kembali menjadi seperti semula, sebelum ketemu yang namanya skripsi. Tapi terkadang manusia itu suka ceroboh dan mau enaknya aja, dan pada akhirnya bukan menjadi MoodBoster ujung-ujungnya malah bikin pusing, salah contohnya adalah pacaran, atau memang sudah punya pacar, coba bayangin orang lagi pusing-pusing mikir skripsi, si doi malah ga mau tau diri banget. Berucaplah doi: "Kamu kemana aja sih? Kok ga ngasih kabar ke aku?", Jawab "(Udah tau gue lagi pusing sama Bab 3 gue nih orang ga ngertiin)". Yang ada malah bikin Mood jadi down abis kalo begitu.

Lalu apa solusinya? Pending pacaran, atau bahkan gue saranin sih putuskan saja! Toh ga ada sesuatu hal yang paling mengerti kita KECUALI ALLAH SWT. Trust it! Pacaran tuh cuma bisa bikin kalian semua memikirkan hal yang tidak menghasilkan apa-apa, kalau kata Whitney itu "I Have Nothing", iya nothing banget dah ah sama yg namanya pacaran. Tenang aja kalau kita sukses, jodoh pun Insya Allah ga jauh-jauh dari sukses, kan laki-laki yang baik untuk wanita yang baik pula. Percaya yuk sama firman Allah Swt.

3# Anggap DosPem Kita As A Friend

Dospem bertanya "Gimana sudah selesai Bab 2 nya?", Jawab "(Nyengir dulu ga jelas), gini Pak aku masih kurang ngerti sama masalah dalam kasus ini". Hebat kan orang skripsi? Ampe masalah aja dicari-cari loh, walaupun emang ga ada masalah sebenernya.

Nah kalau pilih DosPem itu yang udah jadi kaya temen aja, biar ga keliatan terlalu menakutkan, kalau perlu sih yang bisa bikin betah buat bimbingan terus, ngerti kan yang cowok? (just joke, forget it!)

Yang namanya DosPem itu kan yang akan membimbing kita hingga kita berada di sidang akhir, tapi bukan akhir dari segalanya, hanya mengakhiri kita dengan dunia perkuliahan yang memang terasa suntuk, 4 tahun bayangkan saja. Ckckck... Namun semua harus di nikmati dan di syukuri karena itulah tanda manusia yang sesungguhnya.

4# Jangan Banyak Mikir

Nah ini tadi kenapa kalian ga boleh banyak mikir, karena manusia itu normalnya kan hanya bisa menangkap apa yang dia pelajari di 1 jam pertama saja, jadi kalau bisa kerjakan apa yang memang menjadi masalah utama yang sudah menjadi deadline kita terhadap skripsi tersebut, jangan malah merembet ke masalah lain yang padahal ga akan ketemu tuh solusinya karena solusinya berhubungan dengan masalah sebelumnya.

Jadi harus pintar-pintar membuat mapping solution, jadi terlihat mana masalah yang harus kita selesaikan duluan dan mana yang terakhir menjadi sub-sub masalah.

Kenapa saya sarankan jangan terlalu banyak berfikir, iya karena kita manusia biasa yang pastinya punya kelemahan juga, jangan dipaksakan otak kita terus berfikir dan bekerja selama 24 jam full, kalau waktunya istirahat ya tidur dengan tenang dan nyaman jangan pikirin lagi masalah apapun itu.

5# Abaikan Teman yg Nanya, "Skripsi Loe udah Bab Berapa?"

Kalau nanya itu mboh ya jangan yang terlalu mainstream dong ya mas atau mbak, mbok apalah panggilannya. Yang jelas kalau kalian punya teman macam begini jangan terlalu di ladenin deh, kecuali memang niat mereka mau bantu kita atau perhatian mungkin, tapi kebanyakan mereka sih hanya mau kepo aja, dasar manusia ga ada abisnya ngepoin hidup orang. Haahaa...

Mau udah sampe Bab berapa pun, kan skripsi itu kita yang ngerjain kan? Dan walaupun mereka bisa membantu paling hanya berapa persen saja gak mungkin semuanya, plagiat dong itungannya. Jadi kalau ada orang yang bertanya kaya gitu, jawaban paling jitu adalah "Mau tau aja atau mau tau banget?" Atau engga senyum aja, lalu nyeplos kata "Kenapa emang mau bantuin?", pasti tuh orang ikut tersenyum eh bukan senyum deh lebih ke nyengir, dan nyeplos juga "Haahaa... Makasih skripsi gue juga masih banyak yang belum selesai nih!". Dalem hati ngedumel, "Terus maksud loe nanya-nanya begitu apaan?".

6# Bayangkan Betapa Bahagianya Ortu Ketika Anaknya Wisuda

 Ini tampaknya solusi yang paling jitu dan mujarab banget untuk saya terutama, karena jika terbayang akan kesuksesan langsung terlinta dengan kedua orangtua yang sudah melahirkan dan membimbing kita ke dunia ini dengan segala ketulusannya.

Lalu siapa anak yang tidak mau melihat orangtuanya bangga dan senang tentunya, melihat anaknya bisa menjadi manusia yang lebih baik dari dirinya, apalagi untuk kamu yang kedua orangtuanya masih ada itu jadi kekuatan paling kuat loh.

Ayo semangat lagi ya sahabat untuk menjunjung masa depan yang lebih cerah, dan jangan lupa juga untuk selalu berdoa, dan mengingat-Nya, juga berterimakasih kepada orangtua yang bagaimanapun semua ini tidak akan bisa kita capai tanpa mereka semua.

Semangat! Hidup Mahasiswa yang Kreatif, Solutif, Inovatif, dan Memberikan Daya Guna untuk Bangsa ini Indonesia.

You Might Also Like

0 Komentar

Silahkan Komentar untuk Memberikan Kritik & Saran yang Bermanfaat! :)

Blog Traffic