Sarapan Pagi, Solusi untuk Bangsa Sehat & Cerdas

Februari 15, 2014

Sarapan Sehat dan Cerdas - Sumber
Siapa yang bilang sarapan itu tidak penting untuk tubuh kita? Beberapa orang di Indonesia memang terbiasa akan rutinitas yang buruk dan susah untuk merubahnya, mungkin hanya beberapa kalangan saja yang paham bahwa sarapan itu sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Maka dari itu menjadi tanggung jawab kita semua untuk mengingatkan terhadap sesama bahwa sarapan pagi itu ternyata penting sekali untuk kebutuhan tubuh kita, bukan hanya itu namun juga berdampak pada kesehatan kita, bayangkan jika kita seharusnya makan sehari 3 kali namun akibat jadwal yang terlalu padat dan lupa akan asupan kalori dalam tubuh, sehingga waktu sarapan yang merupakan jadwal makan pertama (modal utama) kita untuk memulai aktifitas menjadi terlupakan.

Menurut National Health Service (NHS), Inggris merekomendasikan asupan kalori, laki-laki membutuhkan 2.500 kalori per hari untuk menjaga berat badannya agar stabil, sementara perempuan butuh 2.000 kalori per hari. Lalu darimana kita mendapatkan kalori sebanyak itu untuk memenuhi kalori dalam tubuh kita, tentu dengan menjalankan jadwal makan yang sesuai yaitu 3 waktu dalam sehari, dan juga tepat waktu tentunya.

Lalu apa menu sarapan yang baik untuk kita? Tentunya menu sarapan itu yang terpenting adalah menu yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan protein di tubuh kita, dan juga tepat dan sesuai jadwal. Dalam memilih atau membuat sarapan juga tidak boleh sembarangan, jangan hanya memikirkan efek perut yang hanya terasa kenyang atau berisi saja, namun ada faktor lain yang harus diperhatikan dalam menyajikan menu sarapan pagi, terutama bagi kalian yang bekerja di kantor, bersekolah, kuliah, dan aktifitas yang aktif lainnya.

Apakah Saya Bisa Tetap Kuat Tanpa Sarapan?

Tidak Sarapan, Membuat Tubuh Menjadi Cepat Kelelahan - Sumber Gambar
Ketika manusia yang beraktifitas selama seharian penuh tanpa sarapan, apakah yang dapat terjadi? Tentunya mereka akan merasakan hal-hal sebagai berikut:

1. Cepat Lelah
Kelelahan dapat terjadi karena memang manusia tidak memenuhi apa yang tubuhnya perlukan untuk melakukan aktifitasnya sehari penuh, namun beda ceritanya jika orang tersebut berdiam diri saja dirumah kemungkinan tanpa sarapan pun dia akan kuat bertahan dan tidak merasakan kelelahan. Namun lain halnya bagi mereka yang mempunyai segudang aktifitas untuk meraih masa depan ataupun cita-cita mereka, jadi agar kamu tetap bisa maksimal dalam bekerja, ataupun belajar di sekolah dengan konsentrasi tinggi maka sarapan terlebih dahulu itu akan lebih baik dan sehat tentunya.

2. Cepat Ngantuk
Ternyata rasa kantuk itu bukan hanya disebabkan oleh orang yang makan sayur kangkung saja ya (katanya). Namun yang jelas bagi siapapun yang tidak memenuhi kebutuhan protein di pagi hari maka sudah pasti dia akan merasakan lapar yang luar biasa sebelum jam makan siang ataupun istirahat, itu membuat dampak yang sangat merugikan untuk pekerjaan di kantor atau pembelajaran kalian di kelas. Karena orang yang lapar cenderung malas dan bawaannya ingin tidur.

Itu kenapa kalian sangat disarankan untuk sarapan, setidaknya dengan yang instan saja seperti susu, sereal, roti, itu pun sudah cukup rasanya untuk memenuhi kebutuhan sarapan, walaupun mungkin ada menu lain yang lebih baik dan memenuhi protein seperti misalnya nasi merah, telur ayam, dan lain sebagainya.

3. Lemas (Tidak Bergairah)
Salah satu dampak kalau kalian tidak sarapan ya ini salah satunya, menjadi lemas dan tidak bergairah. Bagaimana mau bergairah dan bertenaga, tubuhnya saja di campakkan begitu saja (tidak dipedulikan).

Maka sayangilah tubuh kalian dengan memberikan asupan nutrisi dan protein yang baik untuk tubuh, agar tetap bertenaga dan segala aktifitas yang kalian kerjakan pun bisa lancar, kalau bisa dibilang output itu ya tergantung input yang diberikan.

4. Kepala Pening
Nah biasanya ini terjadi pada siswa/i pada hari senin ketika diadakan upacara pengibaran bendera, betul kan? Biasanya mereka banyak yang bertumbangan karena merasa kepalanya pening dan tidak kuat berdiri. Ini juga pengalaman saya ketika di sekolah dan saya pernah merasakan seperti ini, penyebabnya ya itu tadi, karena kita tidak sarapan sebelum berangkat ke sekolah, karena takut telat upacara jadi buru-buru.

Inisiatif untuk masalah ini adalah kalian bisa membawa bekal untuk hari itu, untuk kemudian bekal tersebut dimakan sebelum upacara dimulai, jadi mau tidak mau kalian harus datang lebih awal ke sekolah, atau bisa juga dengan sarapan yang sifatnya cepat saji misalnya, roti, susu, sereal, yang bisa kalian makan ketika dijalan menuju ke sekolah.

Menu Sarapan yang Baik dan Menyehatkan

Berbicara masalah menu sarapan apa yang baik untuk kesehatan tubuh anda, maka itu semua tergantung pada nutrisi dan protein yang kalian butuhkan selama beraktifitas pada hari itu. Jadi semakin banyak aktifitas maka semakin banyak asupan gizi dan protein yang dibutuhkan, begitu juga dengan yang bekerja berat, sekolah, dan lain sebagainya.

Menu Sarapan Sehat & Sempurna - Sumber Gambar
 Berikut ini saya akan memberikan menu sarapan yang mungkin bisa menjadi referensi untuk sarapan pagi kalian semua, untuk bisa tetap berstamina dan sehat.

1. Telur Ayam
Menjadikan telur ayam sebagai menu sarapan kalian, itu merupakan pilihan yang sangat tepat, karena telur mengandung banyak sekali protein yang dapat memenuhi kebutuhan protein ditubuh kita. 1 butir telur mengandung sekitar 70 kalori dan dapat memenuhi 13 persen kebutuhan protein dalam tubuh manusia.

2. Beras Merah
Beras merah mempunyai protein yang sangat tinggi, dan sangat bergizi dibandingkan beras putih yang biasa digunakan masyarakat untuk dijadikan bahan pokok makan sehari-hari. Selain beras merah biji-bijian lain yang juga bisa kalian gunakan untuk menu sarapan adalah jagung, gandum, kacang hijau, dan masih banyak lagi yang mempunyai banyak gizi dan protein.

3. Susu
Susu mungkin dapat dijadikan pelengkap dalam sarapan pagi kalian semua, karena kalau hanya dengan meminum susu saja mungkin tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, protein, dan kalori dalam tubuh.

4. Sayur-sayuran
Makanan yang paling berprotein dan menyegarkan adalah sayuran, dan tampaknya menjadi pilihan tepat untuk sarapan pagi yang membuat penyajian kita juga lebih mudah dan cepat.

5. Buah-buahan atau Jus Buah
Ternyata bukan hanya makanan berat saja yang bisa dijadikan menu sarapan, buah juga bisa untuk melengkapi asupan nutrisi ditubuh kalian untuk dijadikan sarapan di pagi hari, tentunya hanya buah pilihan saja ya, tidak semua buah. Misalnya alpukat yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi.

Manfaat Sarapan Pagi

Sarapan mempunyai segudang manfaat khususnya untuk tubuh kita, namun terkadang kita sering melupakan hal yang dianggap tidak terlalu mendesak sehingga timbul rasa malas untuk memberikan asupan nutrisi dan protein dalam tubuh dengan tepat pada waktunya.

Sarapan Pagi Memiliki Banyak Manfaat - Sumber Gambar
 Jika anda termasuk orang yang tidak terbiasa untuk sarapan pagi, maka mulailah dari sekarang untuk mengaplikasikan hidup sehat, karena sangat banyak manfaatnya, berikut ini beberapa manfaat sarapan pagi:

1. Tubuh Lebih Berenergi
Untuk beraktifitas maka tubuh memerlukan energi yang lebih untuk memenuhi segala kebutuhan protein dan nutrisi didalamnya. Sarapan pagi memberikan energi yang lebih dalam tubuh sehingga menjadi fit dan bertenaga. Itu mengapa jika orang tampak lemas pasti orang akan bertanya “Belum sarapan ya mas/mbak?”. Itulah pentingnya sarapan untuk tubuh yang lebih energik dan kuat.

2. Membantu Tumbuh Kembang Anak
Anak-anak akan konsentrasi jika mereka sudah merasa nyaman dan tenang, sehingga jika mereka diberikan asupan nutrisi dan protein yang baik dalam menu sarapannya maka apapun yang mereka tangkap di sekolah akan diterima dengan baik. Bayangkan jika mereka lapar dan berdampak sakit perut maka hilang semua konsentrasi akan pelajaran yang diberikan.

3. Menyehatkan Tubuh
Sudah pasti sarapan pagi itu membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bertenaga, dan juga bisa terhindar dari kolestrol. Hal ini dikarenakan sarapan mampu mendorong metabolisme sehingga produksi enzim yang meningkatkan kolestrol akan berkurang.

4. Menyegarkan Daya Pikir
Daya pikir manusia itu bergantung pada salah satu organ penting manusia yaitu otak, ternyata dengan sarapan maka nutrisi dan protein yang masuk kedalam tubuh tersalurkan juga ke otak yang membuat daya pikir otak menjadi segar dan cemerlang.

5. Mencegah Sakit Maag
Dengan sarapan pagi membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung. Lambung yang terlalu lama kosong dapat mengakibatkan rasa perih di lambung dan berakibat sakit maag.

6. Jadwal Makan Terkontrol
Sarapan membuat manusia terbiasa untuk menerapkan jadwal makan yang teratur, dan tepat pada waktunya. Karena manusia bisa akan kebiasaan yang mereka jalankan secara rutin.

Indonesia Sehat dan Cerdas dengan Sarapan

Indonesia mempunyai penduduk yang padat dan banyak sekali dari mereka yang tampaknya belum sadar akan manfaat sarapan pagi, dengan begitu perlu diadakan yang namanya sosialisasi sarapan sehat yang baik untuk tubuh kita, agar angka kematian akibat gizi buruk terus dapat diminimalisir. Dan ini merupakan sebuah solusi yang baik untuk menerapkan sarapan sehat.

Bangsa yang Cerdas dengan Pola Hidup Sehat - Sumber Gambar
 Perhimpunan Pakar Gizi & Pangan sangat pintar dan cepat untuk menanggapi hal itu, untuk kemudian mengadakan sebuah acara yang sangat menarik dan diharapkan dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya sarapan pagi. Dengan mengadakan peringatan Pekan Sarapan Nasional, dimana ini merupakan tahun ke-2 yang diadakan di Balai Kota Depok (Selasa, 18 Februari 2013) menjadi puncak peringatan Pekan Sarapan Nasional, dimana diharapkan dengan adanya acara tersebut masyarakat akan terenyuh dan sadar bahwa sarapan yang sejatinya dilupakan, ternyata menjadi pondasi yang sangat penting untuk mencerdaskan bangsa.

Dengan sarapan kita dapat memunculkan tunas-tunas bangsa yang cerdas dan sehat, mempunyai daya saing yang kuat. Karena semua harus kita pupuk dari hal yang terkecil, yaitu salah satunya adalah dengan sarapan yang sehat dan begizi, yang memberikan nutrisi kepada bibit-bibit yang akan memajukan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih sehat dan sejahtera.


Referensi Artikel:

You Might Also Like

0 Komentar

Silahkan Komentar untuk Memberikan Kritik & Saran yang Bermanfaat! :)

Blog Traffic