Taman Menteng, Tempat yang Keren Buat Kopdar

Desember 10, 2013

Desain By Arie Pratama
PratamaSite - Ruang Terbuka Hijau (RTH) memang sangat dibutuhkan sekali untuk ibu kota tercinta ini, karena taman kota masih jarang di Jakarta sehingga sulit rasanya masyarakat mencari suatu tempat yang nyaman dan tenang dengan suasana penghijauan yang sejuk di kota metropolitan, Jakarta. 

Menurut berita yang dilansir melalui Tempo, RTH di Jakarta belum sampai 30 % dari seluruh wilayah DKI Jakarta itu sendiri, yang sesuai syarat UU No. 26 Tahun 2007 tentang Tata Ruang yang mengharuskan RTH itu minimal 30%, pantes aja Jakarta nih panas banget orang RTH Cuma 9,6% doang (Mudah-mudahan bisa bertambah secepatnya).

Nah, buat temen-temen yang suka ngokrong, kopi darat, atau bahkan kongkow kongkow bareng temen kampus, temen sekolah, atau pun temen kerja, berikut ini Saya ingin memberikan informasi mengenai salah satu tempat yang recomended banget buat kalian kunjungin yaitu Taman Menteng, yang terletak di antara jalan Jl. HOS Cokroaminoto dan Jl. Mohammad Yamin, Menteng, Jakarta Pusat.

Sebuah taman yang berdiri di atas tanah seluas ± 2 Hektar memang sangat disarankan bagi Anda yang ingin sekedar mencari tempat untuk merefresh pikiran, atau bahkan sekedar nongkrong dengan teman-teman. Taman Menteng ini awalnya dibuka hingga 24 jam, namun mengingat banyak protes dari mayarakat di sekitar wilayah Taman Menteng ini, karena aktivitas yang berada di taman tersebut, maka pada akhirnya di bulan Juni 2009 ditetapkan jam operasional Taman Menteng dari pukul 05.00 hingga 22.00 wib saja.

Jadi bagi yang ingin berkunjung ke taman yang lengkap dengan segala fasilitasnya ini, kalian bisa datang mulai pukul 5.00 wib dan tidak ada pungutan biaya untuk masuk kesana hanya parkir saja kok, kalian udah bisa nikmatin fasilitas Pemprov. DKI Jakarta yang super asik di Taman Menteng.

Tempat yang Cozy Abis!

Taman Menteng - Sumber Gambar
Taman Menteng memang dibuat senyaman mungkin dan lengkap jadi disini tidak hanya taman seperti biasa aja, suasananya pun berbeda kalau menurut Saya dari taman-taman yang lain terutama pohon-pohon yang rindang disekitar tamannya, membuat taman ini banyak dikunjungi oleh orang banyak karena memang kondisinya yang nyaman dan tenang sekali, tentu orang menyukai tempat yang nyaman.

Untuk sekedar ngobrol, piknik, ataupun jogging itu pass banget deh di Taman yang berada di tengah hiruk pikuk kota Jakarta yang super duper padat dan polusinya banyak banget, nah kalau kalian terjebak macet bisa juga nih kesini buat nenangin diri dulu biar gak emosi dijalan Jakarta yang macet. Haahaa... Apalagi kalian yang berniat untuk mengadakan kopi darat dengan teman-teman blogger atau bahkan teman-teman di dunia maya.

Suasana Sejuk di Tengah Kota Jakarta

Kesejukan Taman Menteng - Sumber Gambar
Menurut Saya Jakarta itu masih kurang banget tempat-tempat untuk Ruang Terbuka Hijau seperti di Taman Menteng ini, yang ada gedung-gedung pencakar langit, atau itu semua mungkin karena kota ini adalah pusat perekonomian kali ya bukan pusat perhutanan. :D Ya, tapi setidaknya tempat dengan suasana yang sejuk dan rindang juga sangat diperlukan untuk masyarakat agar supaya udara yang kita hirup juga lebih banyak Oksigennya dibanding udara yang tercampur polusi Karbon dioksida.

Nah, Taman Menteng ini pass banget deh untuk kalian para pecinta wisata yang mencari tempat yang sejuk dan rindang ditengah perkotaan, ya langsung aja main ke Taman Menteng dijamin langsung ngerasain sejuknya taman ditengah kota nan nyaman.

Fasilitas Lengkap Termasuk Wifi Gratis

Wifi Gratis, Taman Menteng - Sumber Gambar
Demi pelayanan publik yang memuaskan Pemprov. DKI Jakarta memasang fasilitas Wifi GRATIS dibeberapa titik taman yang ada di kota Jakarta salah satunya Taman Menteng. Yeeah... Jadi bagi kalian nih yang suka main browsing, nge-tweet tiap waktu, atau update status setiap detik bisa nih ke Taman Menteng dijamin gak bakal “KUDET” (kurang update). Tapi terkadang ya wifinya suka tidak berfungsi maklum ya mungkin kurang maintanance namanya juga gratisan, tapi jangan khawatir kalau masalah paket internet untuk gadget kalian bisa pasang paket internet dari XL yang murah banget dan koneksi dari XL ini stabil banget deh!

Disamping fasilitas wifi yang digemari para remaja untuk mengakses jejaring sosialnya ada juga beberapa fasilitas seperti lapangan futsal, volly, basket, musholah, jogging track, arena bermain anak, toilet, dan rumah kaca. Banyak kan tuh fasilitasnya, semua Insya Allah gratis kok.

Taman Kota, yang Entertaining Banget

Photoshoot di Taman Menteng - Sumber Gambar
Disamping fungsinya yaitu menjadi fasilitas publik dalam hal ini adalah sebagai taman hiburan & RTH, Taman Menteng ini juga banyak digunakan publik untuk pemotretan bahkan juga syuting ftv, iklan, dan bahkan syuting layar lebar. Ya mungkin karena taman ini itu pass banget viewnya dan suasananya masih kondusif dan terjaga sekali.

Jadi bagi kalian penggemar photography dan ingin buat film atau lain sebagainya juga bisa datang kesini terutama mahasiswa broadcasting nih yang biasanya dapat tugas dari dosen untuk hunting, atau bahkan liputan dan pembuatan film.

Rumah Kaca Menjadi Sorotan Taman Menteng

  Rumah Kaca, Taman Menteng - Sumber Gambar
Salah satu fasilitas yang menjadi sorotan publik di Taman Menteng adalah rumah kacanya yang sangat menarik untuk didatangi orang-orang yang berkunjung kesana, mungkin karena bentuknya yang unik dan hanya ada di Taman Menteng ini saja di Jakarta (setahu Saya).

Rumah kaca ini dulunya sih kata pengurus Taman Menteng di fungsikan untuk pembibitan tanaman yang ada disekitar taman, namun sekarang beralih fungsi dan bisa dijadikan tempat seperti pameran, ataupun seni lainnya. Ya, mungkin karena cuaca di Jakarta yang kurang pass untuk pembibitan tanaman karena begitu panasnya.

Ya, itulah kiranya sekilas informasi tentang salah satu tempat kopdar di Jakarta yang keren abis, cocok untuk kopdar dan wajib didatengin karena suasana Taman Menteng yang asik banget dan fasilitasnya itu loh yang lengkap banget, dan pass untuk melakukan aktifitas seperti kongkow, ngobrol, kopdar, sampai hiburan keluarga sekalipun.

Video Suasana di Taman Menteng, Jakarta Pusat

Berikut ini ada cuplikan video di Taman Menteng yang Saya ambil dari Youtube. Semoga bisa menjadi referensi untuk sobat sekalian yang ingin mengadakan kopi darat di daerah Jakarta.

#Happy Birthday's KopdarJakarta Success Always#
Lomba Blog Kojak & XL




You Might Also Like

2 Komentar

  1. Hi, mohon ijin berbagi informasi ya… Yuk ikutan #ZockoUnlocked Blogging Competition berhadiah iPhone 5S atau iPad Mini! Untuk info lengkap silakan kunjungi http://weare.zocko.com ya dan jangan lupa sign up di http://www.zocko.com terlebih dahulu! Kami tunggu ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih informasinya. Mau ikutan, mudah2an bisa menang weekly prizenya. :))

      Hapus

Silahkan Komentar untuk Memberikan Kritik & Saran yang Bermanfaat! :)

Blog Traffic